Thursday 27 March 2014

SHALAT TAHAJJUD


 Assalamu'alaikum... sahabat-sahabat fillah semua, semoga kabar pagi ini baik dan sehat, hati masih dipenuhi iman dan taqwa, Allahumma Aamiin. :)

Postingan kali ini, saya mau berbagi artikel tentang shalat sunnah Tahajjud. Mulai dari pengertian, keutamaan, tata cara shalat dan doa shalat Tahajjud. :)
Tulisan ini ini saya ambil dari buku berjudul "20 Macam Shalat Sunnah beserta Do'a-doanya" yang ditulis oleh H. Ma'muri Hasan, BA.

Monggo selamat membaca. ^_^

A.PENGERTIAN SHALAT TAHAJJUD

Shalat sunnah Tahajjud atau disebut juga sebagai shalat Al-Lail adalah shalat sunnat yang dilakukan pada waktu malam, selepas bangun dari tidur sampai sebelum waktu shubuh. Perkataan Tahajjud berasal dari kata “Tarku al-Hujud” artinya meninggalkan tidur.
 
Didalam surat Al-Isra ayat 79 Allah subhanaHuwata’ala berfirman yang artinya : “ Dan pada sebagian malam bershalat tahajjudlah kamu, sebagai suatu ibadat tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.


Shalat Tahajjud dilaksanakan paling sedikit dua rokaat dan paling banyak tidak terbatas. Pada setiap dua rokaat diselingi dengan salam.

B. KEUTAMAAN SHALAT TAHAJJUD

Shalat Tahajjud ini besar keutamaannya dan banyak pahalanya.
Imam turmudzi telah meriwayatkan dari Abi Ummah RA bahwa beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda: (yang artinya) “ Hendaklah kamu melakukan shalat malam, sesungguhnya ia merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu. Ia merupakan pendekatan kepada Tuhanmu, penghapusan dari segala kejahatan dan pencegah dari perbuatan dosa

Imam Turmudzi, Nasa’i dan Ibnu Majah telah meriwayatkan dari Amru bin Anbasah RA beliau  berkata : Rasulullah SAW telah bersabda : (yang artinya) “ Masa yang paling dekat Tuhan dengan hamba-Nya ialah pertengahan malam yang terakhir. Jika kamu mampu untuk menjadi salah seorang dari orang yang mengingati Allah (berdzikir kepada Allah) pada saat tersebut, maka lakukanlah.

Abu Dawud dan Nasa’i meriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa beliau berkata :
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Allah menyayangi seorang lelaki yang bangun tengah malam, kemudian shalat, kemudian membangunkan istrinya, maka istrinyapun shalat. Jika istrinya menolak, maka ia memercikan air ke mukanya. Allah menyayangi seorang wanita yang bangun tengah malam, kemudian shalat, kemudian membangunkan suaminya, maka suaminyapun shalat. Jika suaminya menolak, maka ia memercikan air ke mukanya.

C. NIAT SHALAT TAHAJJUD
اُصَلىّ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّهِ تَعَالى __ الله ُ اَكبَرُ
“saya berniat shalat tahajjud dua rokaat semata-mata karena Allah Ta’ala__ Allahu Akbar”

D. DOA SHALAT TAHAJJUD 

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ،وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ  , وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ, وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ،وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ, وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ،وَمَااَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنّيِ, أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ،وَلَا حَولَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاالله

Dalam Huruf Latin :

Allahumma lakal hamdu qoyyimussamaa waatiwal ardhi wamanfihinna, walakal hamdu anta malikussamaa waatiwal adhi wamanfihinna, walakal hamdu anta nurussamaa watiwal ardhi wamanfihinna, walakal hamdu antal haqqu, wawa'dhukal haqq, waliqoo ukal haqqu, waqoulukal haqqu, wal jannatu haqqu, wannaaru haqqu, wannabiyyuna haqqu, wa Muhammadun shallAllahu'alaihi wasallama haqqu, wassa'atu haqqu. Allahumma laka aslamtu, wabika amantu, wa'alaika tawakaltu, wailaika anabtu, wabika khoshomtu, wa ilaika haa kamtu, faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhortu, wa maa asrortu wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihii minniiy, antalmuqoddimu wa antal muakhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya :
"Ya Allah, Bagi-Mu segala pujian. Engkaulah Penegak seluruh langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya, bagi-Mu segala pujian, Engkaulah Raja seluruh langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala pujian, Engkaulah Cahaya seluruh langit dan bumi serta semua yang ada di dalamnya. Bagi-Mu segala pujian, Engkaulah yang Maha Benar, Janji-Mu benar, Pertemuan dengan-Mu benar, Firman-Mu benar, Surga itu benar, Neraka itu benar, Para Nabi itu benar, Muhammad SAW benar.
Ya Allah kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku kembali, karena-Mu aku bermusuh, dan kepada-Mu aku berhukum. Maka ampunilah bagiku segala dosaku yang terdahulu dan juga yang terkemudian, yang aku sembunyikan dan yang aku nyatakan serta yang Engkau lebih mengetahui tentang-Nya dari diriku sendiri. Engkaulah yang terdahulu dan Engkau pulalah yang terakhir. Tiada Tuhan yang layak disembah selain dari-Mu dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah.
"



semoga bermanfaat. ^^

No comments:

Post a Comment